4 Keuntungan Wakaf Bagi Millenial  Yang Kamu Harus Tahu!

4 Keuntungan Wakaf Bagi Millenial Yang Kamu Harus Tahu!


Tahukah kamu bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia hampir mencapai 200 juta jiwa dengan masa pemakaian lebih dari 3 jam per hari? Rata-rata pengguna internet ini menghabiskan waktu menggunakan internet untuk bekerja, bermain, sosial media, dan belanja. Menariknya, mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah kaum millenial.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNKES), sebanyak 20 persen dari kelompok milenial ini memiliki kemampuan untuk berwakaf. Bank Indonesia sendiri pernah mencatat potensi wakaf uang di Indonesia bisa mencapai 77 Triliun Rupiah.

Sayangnya, ternyata literasi tentang wakaf sendiri masih sangat rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan literasi zakat yang sudah mengakar semenjak di bangku sekolah dasar. Oleh karena itu, saat ini lembaga nazhir wakaf berlomba-lomba menjaring milenial agar mau berwakaf.

Bagi millennial, salah satu cara untuk mulai berwakaf adalah dengan wakaf uang dan wakaf tunai. Setidaknya ada 4 keuntungan yang bisa jadi pertimbangan bagi generasi muda seperti kita untuk mulai berwakaf. Yuk kita simak!

Bermanfaat Sepanjang Masa
Hayo siapa sih di sini yang tidak ingin berbuat baik yang kebaikannya bakal diingat hingga menjadi kakek dan nenek? Nah, dengan berwakaf nantinya hasil dari wakaf kita akan dirasakan hingga kita sudah tua nanti, bahkan hingga hari akhir kelak.

Melatih Jiwa Sosial
Dengan kita berwakaf, secara tidak langsung akan melatih sisi empati dan jiwa sosial untuk lebih peka terhadap keadaan sekitar. Kadang kita lupa bahwa masih ada lho orang-orang yang tidak seberuntung kita. Makanya, mari bantu mereka dengan berwakaf.

Amalan Tidak Terputus
Rasulullah (SAW) bersabda bahwa “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya”  Dengan berwakaf, meski kita sudah meninggal dunia, amal yang diterima tidak akan putus selama harta yang diwakafkan tersebut bermanfaat bagi orang lain.

Mendorong Pembangunan Negara
Tahu tidak, dengan berwakaf ternyata kita bisa membantu pembangunan negara lho. Wakaf kita dapat membantu pembangunan seperti sekolah, rumah sakit, masjid, hingga perpustakaan yang bermanfaat bagi orang banyak. Jadi, mari kita ikut berbakti kepada negara dengan berwakaf.

Ada banyak cara untuk kita berwakaf, mulai dari wakaf tanah hingga wakaf uang yang nantinya akan masuk kepada wakaf produktif dengan hasil yang disalurkan kepada penerima manfaat.

Hei millennial, yuk berwakaf sekarang!
J


(Badan Wakaf Indonesia) 





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Amazing Wakaf Indonesia Jenguk Dul Rohim Setelah Lebaran

Penyaluran Wakaf

Menyongsong Kebangkitan Wakaf

Seputar Wakaf
Donasi