3 Amalan Terbaik Di Bulan Muharram

3 Amalan Terbaik Di Bulan Muharram


Bulan Muharram memiliki keutamaan bagi umat Islam dan banyak amalan sunnah dibulan ini yang bila dikerjakan akan mendapatkan pahala yang besar.

Berikut 3 amalan terbaik di bulan Muharram :


1. Berpuasa Asyura

Amalan sunah yang dimaksud ialah puasa. Kesunahan puasa di bulan Muharam didasarkan pada hadits yang riwayatkan oleh Abu Hurairah.

Artinya.

"Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?' Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharam,” (HR Ibnu Majah).

Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan sebagai berikut yang artinya :

“Puasa yang paling utama setelah Ramadan ialah puasa di bulan Allah, Muharam.”

Hadits yang menjadi dasar ibadah puasa sunnah tersebut diriwayatkan oleh Abu Qatadah ra, Rasulullah bersabda.

“Aku berharap pada Allah dengan puasa Asyura ini dapat menghapus dosa selama setahun sebelumnya.” (H.R. Bukhari dan Muslim). Ibnu Abbas ra juga berkata “Aku tidak pernah melihat Rasulullah, berupaya keras untuk puasa pada suatu hari melebihi yang lainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari as Syura dan bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari dan Muslim).


2. Introspeksi Diri (muhasabah)

Amalan lainnya adalah muhasabah atau introspeksi diri. Hal ini penting dilakukan oleh setiap muslim karena bagi setiap muslim pergantian tahun tentu bukan hanya sekedar menjadi pergantian kalender saja, namun juga dapat menjadi peringatan bagi umat islam mengenai amalan apa yang sudah dilakukan pada tahun lalu, dan apa yang akan dilakukan besok.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Hasyr: 18).

Merayakan tahun baru Islam dengan memperbanyak dzikir, doa, dan munajat, berdoa kepada Allah semoga pandemic Covid-19 dengan beraneka variannya cepat berlalu dari negeri yang kita cintai ini.

 

3. Bersedekah di Bulan Muharram

Bersedekah termasuk salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Muharram. Sebagai tahun baru bagi umat IslamMuharram sudah dianggap layaknya hari raya jadi banyak dari umat Islam yang melakukan sedekah dibulan ini.

Tentunya kita sebagai umat Islam kita tidak ingin melewatkan moment berharga ini, karena kita meyakini bahwa kelak sedekah kita menjadi saksi kita di akhirat.

Untuk meraih keberkahan hidup, maka bersedekahlah secara konsisten dan keikhlasan hati. Lakukan sedekah dengan mudah dan penuh manfaat bersama dengan Amazing Wakaf Indonesia.

Amazing people bisa bersedekah di Amazing Wakaf Indonesia dengan berbagai macam pilihan project.

Sedekah di Amazing Wakaf Indonesia bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan cara transfer ke rekening :

1. BSI 7 888 888 955 an. Yayasan Ukhuwah QQ Amazing Wakaf

2. Bank Mega Syariah 100 0505 005 an. Y U Amazing Wakaf

Semoga di Bulan Muharram ini Allah menjadikan kita semua sebagai hambaNya yang punya kualitas taqwa yang lebih baik dibandingkan ditahun sebelumnya. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin…. 





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit

Anjuran Sosial

Keajaiban Wakaf

Pelatihan

Masyarakat Kota Bekasi Terima Bantuan Wakaf Masker Kain

Penyaluran Wakaf
Donasi