AWI Gelar Pelatihan Budikdamber Untuk Solusi Ketahanan Pangan Keluarga

AWI Gelar Pelatihan Budikdamber Untuk Solusi Ketahanan Pangan Keluarga


Amazing Wakaf Indonesia menggelar Pelatihan dan Praktik Budidaya Ternak Ikan dan Tanam Sayur Dalam Ember atau yang dikenal dengan Budikdamber. Kegiatan ini sebagai bagian dari hasil pengelolaan dana wakaf produktif Amazing Wakaf Indonesia – ‘AWI’. Kegiatan ini berlangsung di kantor lembaga wakaf ‘AWI’, Senin (20/12/2021).

Metode Budikdamber Plus diperkenalkan ‘AWI’ sebagai salah satu pilihan solusi dimasa kondisi wabah covid untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan menyediakan bahan pangan dari rumah-rumah keluarga itu sendiri. Usaha untuk menyadarkan kembali bahwa potensi sumber pangan itu dapat berasal dari rumah masing-masing, harus segera dilakukan, sehingga kedepannya masyarakat dapat memunuhi kebutuhan pangan ditengah keterbatasan lahan. Menggunakan media dan luas yang sederhana inilah budikdamber bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat urban terlebih di perkotaan seperti Bekasi. Keunikannya, metode ini akan mengurai polusi bau yang biasa dihasilkan dari ternak ikan lele ini, namun tetap dengan biaya yang hemat.

Program pelatihan ini diikuti oleh 3 peserta yang berasal dari Kota Bekasi Masing-masing peserta mendapatkan pelatihan dan 2 paket budikdamber lengkap.

   

Yoyo Sukaryo (51), yang merupakan salah satu perserta dalam kegiatan ini menuturkan kekagumanya bahwa ternyata bisa berternak ikan dan sayuran dengan media yang sederhana.




"Saya jujur baru tahu mas, ternyata sederhana sekali ya buat bisa beternak ikan. Selama ini bayangan saya kan harus ada empang, kali ini malah bisa pakai ember," ujar Yoyo.

 

Direktur Amazing Wakaf Indonesia Ahmad Riza Driyasyuman dalam sambutannya dikegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan dan modal yang terbatas dapat memenuhi setidaknya kebutuhan konsumsi keluarga.

"Harapannya para peserta dapat mengaplikasikan pelatihan kali ini, dan mengedukasi masyarakat yang lain. Apabila kegiatan ini dapat diimplementasi oleh seluruh masyarakat Indonesia. maka efek dominonya akan meningkatkan ketahanan pangan dan laju perekonomian di Indonesia," ujarnya.







Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

dani

2021-12-21 19:20:09 Reader

kapan ada pelatihan lagi min? saya mau coba ikut

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Anak-Anak Darul Falah, Cirebon Senang Bisa Punya Al-Quran Baru

Realisasi Wakaf Al-Quran

Kemudahan Berwakaf Di Amazing Wakaf Indonesia

Berita Terkini

Amazing Wakaf Indonesia Salurkan Hewan Qurban ke Palestina

Realisasi Program Amazing Qurban

Bahagiakan Duta Anti Narkoba Wujudkan Cita-Citanya

Realisasi Program Amazing Yatim
Donasi