4 Kemampuan Manusia yang tidak bisa digantikan oleh Mesin

4 Kemampuan Manusia yang tidak bisa digantikan oleh Mesin


Adanya musibah pandemic yang membuat kita harus #Dirumahaja, secara tidak langsung memaksa kita untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan atau aktivitas baru. Memanfaatkan teknologi informasi atau internet menjadi satu hal yang tidak bisa dihindari. Saat ini banyak pekerjaan dan bisnis yang telah bertransformasi ke sistem digital.Hal ini telah mempercepat masa dimana manusia akan bergantung dengan teknologi. Hari dimana manusia akan hidup berdampingan dengan robot, akan segera tiba. 

Meski positifnya ini akan membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih mudah dan cepat. Namun ancamannya, teknologi digital dan robot akan menggantikan sebagian besar pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh manusia. Pekerjaan-pekerjaan teknis dan operasional akan tergantikan oleh mesin.

Bahkan yang lebih mengerikan, ketika teknologi "Artificial Intelligence" atau kecerdasan buatan telah sampai pada puncaknya, manusia akan menjadi budak dari robot yang dia ciptakan sendiri. Sebab robot akan memiliki kemampuan menerjemahkan setiap kode objek/peristiwa secara teknis dengan lebih cepat untuk menyelesaikan/mendapatkan tujuan tertentu.

Tentu ini akan mengganggu sistem kehidupan manusia. Khususnya dalam dunia industri. Pekerjaan yang berkaitan dengan kemampuan otot, ilmu pasti dan repetitif sepenuhnya akan tergantikan oleh mesin. Dari sini kita tentu harus mawas diri sebelum terlambat. Mau tidak mau, suka tidak suka kita akan menghadapi masa depan semacam ini. Maka persiapkan diri sejak sekarang untuk memiliki skil professional yang lebih humanis, yang tidak dapat digantikan oleh mesin.

Manusia yang akan bertahan di masa ketika robot menguasai dunia, adalah mereka yang memiliki kemampuan berfikir analisis, kritis, intutif dan kreatif.

 

Setidaknya ada 4 jenis pekerjaan yang masih dan akan tetap bertahan, ditengah kemajuan teknologi :

1. CRITICAL THINKING

Yaitu pekerjaan kritis dan analisis maupun problem solving. Dimana membutuhkan sebuah inisiatif tinggi yang hanya bisa dihasilkan oleh daya kreasi manusia.

Misalnya : Programer, Analis atau Politikus.

 

2. COLLABORATION

Yaitu kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja sama, saling sinergi untuk sebuah kepentingan/tujuan, termasuk management people.

Misalnya : HRD, Manager, atau Pemimpin Organisasi.

 

3. COMMUNICATION

Yaitu skil komunikasi yang mampu mengedepankan sisi emosi dan empati. Sesuatu yang tidak mudah dilakukan/digantikan oleh robot dalam waktu dekat ini.

Misalnya : Sales Marketing, Public Relation, atau Pengacara.

 

4. CREATIVITY

Yaitu daya kreasi dan imajinasi. Inilah yang membuat manusia unik dan berbeda dengan Robot.

Misalnya : Entertainer, Content Creator atau Musisi.

 

Nah, setidaknya 4 hal diatas masih relevan untuk bertahan di era komputerisasi digital dan otomatisasi sehingga menyongsong revolusi industri selanjutnya. 4 hal ini yang akan menjadi "senjata" ampuh agar kita tidak bisa digantikan oleh mesin.

 

Yuk Persiapkan diri !



Penulis :

Egi Gustiana Putra, S.I.Kom





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Melihat Masa Depan Wakaf di Indonesia

Wakaf Indonesia

Keajaiban Wakaf

Pelatihan

Bila Terjadi Resesi, Wakaf Tunai Bisa Menjadi Solusi

Seputar Wakaf
Donasi