Apa Pengertian Dari Sedekah Jariyah?

Apa Pengertian Dari Sedekah Jariyah?


Pasti kita sedikit familiar dengan hadits yang diriwayatkan dari abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berikut ini :  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Jika anak adam meninggal dunia maka amalnya putus kecuali tiga perkara : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholih yang mendoakannya.” (HR. Muslim no 1631).


Dalam hadits ini terdapat kata sedekah jariyah, lalu apakah pengertian sedekah jariyah pada hadits diatas?


Sedekah jariyah adalah ketaatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari ridho Allah sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Nya. Dengan sedekah jariyah maka orang-orang bisa memanfaatkannya secara terus menerus dan orang yang mengamalkannya akan mendapat pahala sepanjang sedekahnya masih bermanfaat bagi orang lain.


Lalu perbuatan amal yang mana sajakah yang termasuk ke dalam sedekah jariyah?


Yang termasuk amal sedekah jariyah adalah memberi sumbangan untuk masjid, rumah sakit, sekolah, wakaf tanah, kebun, dan masih banyak lagi. Orang yang menyumbangkan hartanya untuk keperluan tersebut akan terus menerus menerima pahalanya selama obyek wakaf itu dimanfaatkan. Pahalanya akan terus mengalir kepada si pemberi sumbangan walaupun ia telah meninggal dunia.         





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Amazing Wakaf Indonesia Salurkan Donasi Wakaf Sumber Air Untuk Palestina

Realisasi Wakaf Sumber Air Untuk Palestina
Donasi