Hutan Bisa Menjadi Wakaf Produktif

Hutan Bisa Menjadi Wakaf Produktif


Masyarakat di Indonesia umumnya masih memahami bahwa wakaf itu hanya seputar  wakaf pada masjid, kuburan dan pesantren, belum berfikir bahwa hutan pun bisa menjadi wakaf.  Justru biasanya wakaf masjid, pesantren, kuburan itu yang kurang produktif, jika dibiarkan tanpa pengelolaan yang benar.

 

Wakaf Hutan bisa menjadi aset wakaf yang produktif jika dikelola dengan baik, ditanami pohon-pohonan dan hutan merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Hutan juga menjadi sumber makanan bukan hanya bagi manusia, akan tetapi semua makhluk. Hutan  bisa menjadi sumber obat, sumber pangan, hutan juga menyimpan air apalagi dengan kondisi sekarang ini hutan semakin lama semakin menyusut di Indonesia.

 

Indonesia merupakan negara keanekaragaman hayati terbesar ketiga setelah Amazon, dan Kongo. Keanekaragaman hayati ini begitu penting, sehingga manusia tidak perlu apa pun, asalkan ada hutan pasti dapat hidup. Pelestarian hutan perlu dilakukan agar dapat digunakan oleh generasi ke depan. Sesuai tuntunan syariat, umat sekarang harus menjaga kelestarian alam untuk bisa dimanfaatkan bagi keturunannya di masa depan.

 

Sementara apabila hutan gundul, maka tidak akan ada fungsinya. Padahal industri ke depan dengan bioteknologi membutuhkan keanekaragaman hayati. Hutan wakaf bisa dimanfaatkan ditanami masyarakat sekitar hutan dengan wakaf pohon

 

Hutan wakaf merupakan inovasi di bidang pemberdayaan wakaf. Ia dapat menjadi instrumen dalam mendukung kelestarian lingkungan hidup.

 

Hutan wakaf turut berperan dalam menjaga kestabilan iklim secara mikro, melestarikan keanekaragaman hayati, konservasi air, dan mencegah bencana alam. Karena pemanfaatan aset dalam program ini untuk menjaga kelestarian hidup dan ekologi. Maka secara regulasi hutan wakaf masuk dalam kategori wakaf untuk kesejahteraan umum lainnya yang tidak bertentangan dengan syariah dan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam Pasal 22 UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Selalu Ada Hikmah Dibalik Musibah

Berita Terkini

Menggagas Literasi Wakaf di Sekolah

Berita Terkini

Bahagiakan Yatim Melalui Project Amazing Yatim

Realisasi Program Amazing Yatim

Penyaluran Wakaf Al Quran Untuk Penghafal Quran TPQ Madani

Realisasi Wakaf Al-Quran
Donasi