Wakaf Bisa Jadi Sandaran Saat Pandemi

Wakaf Bisa Jadi Sandaran Saat Pandemi


Kondisi pandemi telah membuat kondisi ekonomi semakin sulit dalam Islam telah ada instrumen yang perlu menjadi sandaran. Angka kemiskinan naik ke 9,79 % atau naik 1,63 juta ke angka 26,42 juta orang dan Islam sebagai agama yang syumul telah mengatur bagaimana menghadapi resesi ekonomi.


Dalam kondisi seperti ini umat mestinya bersandar pada instrumen sosial yang sudah ada, mulai dari zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Masing-masing instrumen memiliki mandat yang berbeda dan saling berkaitan, karena mustahil zakat bisa hebat kalau wakaf tidak luas luar biasa dan infak sedekah tidak berkembang. Jika instrumen ini belum bisa menuntaskan persoalan, bisa jadi kita belum lengkap mengerjakan atau belum sempurna menjalankannya.


Tantangan selanjutnya adalah bagaimana membangun literasi, karena tidak mungkin umat melakukan aksi jika tidak memiliki awareness dan pengetahuan mengenai wakaf yang akan mendorong menjadi interest dan aksi.


Maka untuk start action kita membutuhkan literasi, maka ketika action dilakukan berulang-ulang maka akan menjadi habits.

Pendekatan dalam menunaikan wakaf saat ini tidak lagi era musabaqah tapi muawwanah, bersinergi dan berkolaborasi agar wakaf terutama dalam era digital.


BWI





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Potensi Besar = Wakaf Produktif

Wakaf Indonesia

Apa Pengertian Dari Sedekah Jariyah?

Seputar Wakaf

Amazing Wakaf Salurkan Beasiswa Untuk Yatim Penghafal Qur’an 30 Juz

Realisasi Program Amazing Yatim

Amazing Wakaf Indonesia Bangun Masjid Ukhuwah Di Cikarang

Realisasi Wakaf Pembangunan Masjid
Donasi