10 Cara Membahagiakan Orang Tua

10 Cara Membahagiakan Orang Tua


Dalam Islam berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) memiliki kedudukan yang sangat mulia. Islam mengajarkan kepada kita wajibnya mencintai dan menghormati kedua orang tua atau ayah ibu kita. Karena melalui kedua ayah ibu kitalah  yang menjadi sebab kehadiran kita ke dunia ini.

 

Banyak dituangkan dalam hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menerangkan perihal keutamaan berbakti kepada kedua orang tua. Salah satunya adalah :

 

1. Berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang paling dicintai Allah

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah.

 

Abu ‘Amr Asy-Syaibani meriwayatkan, pemilik rumah ini (seraya menunjuk ke rumah Abdullah bin Mas’ud) menyampaikan kepadaku;

“Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”, “Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Rasul menjawab, “Shalat pada (awal) waktunya.” “Kemudian apa lagi?” Nabi Menjawab lagi, “Berbakti kepada kedua orang tua.”Aku bertanya kembali.” “Kemudian apa lagi?” “Kemudian jihad fi Sabilillah.”

Ibnu Mas’ud mengatakan, “Beliau terus menyampaikan kepadaku (amalan yang paling dicintai oleh Allah), andaikan aku meminta tambahan, maka beliau akan menambahkan kepadaku”. (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasai).

 

 

2. Anak yang berbakti kepada orang tua akan memperoleh umur panjang dan kemudahan rezeki

Anak yang senantiasa berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tuanya akan memperoleh keberkahan hidup berupa umur panjang dan kemudahan rezki.

Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan dishahihkan oleh Syaikh Syu’aib al-Arnauth;

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezkinya, maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturrahim (kekerabatan).” (HR. Ahmad).

 

 

Lalu bagaimanakah cara kita untuk membahagiakan kedua orang tua? Sebenarnya, banyak cara untuk menunjukkan rasa saying kita kepada mereka, nggak hanya berupa materi/uang karena bahagianya orangtua bukan diukur dari situ.

 

Ada 10 cara membahagiakan orang tua kita :


1. Rutin telepon orangtuamu

Hal ini terdengar sangar sepele, tetapi ternyata sangat berarti untuk mereka. Menelepon berarti kita ingin ngobrol dan memastikan kabar bahwa mereka baik-baik saja.

 

2. Mengunjungi mereka

Cobalah sesekali di sela-sela rutinitas kita pulang untuk mengunjunginya. Orangtua akan senang melihat kita dan mendengar cerita kita.

 

3. Mengantar berbelanja atau berobat

Jika dahulu kita sering diantar jemput oleh orangtua, kini saatnya kita yang mengantar mereka berbelanja ataupun berobat untuk cek kesehatan. Ini sangat berharga bagi mereka, karena mereka merasa kita selalu ada untuk mereka.   

 

4. Beri ucapan pertama untuk ulang tahunnya

Akan terasa spesial jika kita jadi orang yang pertama memberi ucapan dihari spesialnya. Hal ini bisa kita lakukan walaupun kita sudah jauh ataupun berumah tangga. Bukan hadiahnya, tetapi orangtua akan senang jika kita selalu ingat hari

spesialnya.

 

5. Belikan makanan kesukaan mereka

Tidak harus menunggu hari-hari spesial, kita bisa kapan saja memberikan makanan kesukaan orang tua. Memberikan makanan kesukaan menunjukkan kepedulian kita pada mereka. Nggak harus mahal, karena cara ini cukup untuk membuat mereka merasa diperhatikan oleh anaknya.

 

6. Mengajak liburan bersama

Hal ini bisa kita lakukan minimal setahun 1x jika lebih justru lebih baik. Ajak orangtua untuk pergi berlibur menikmati alam akan menjadi pilihan yang tepat. Jika dahulu kita yang diajak liburan, inilah saatnya kita yang mengajaknya liburan.

 

7. Mendengarkan nasihatnya

Orangtua akan merasa bahagia saat anaknya mau mendengar dan mengikuti nasihatnya. Jadi saat orangtua memberi nasihat, baik itu seputar pekerjaan, keluarga, atau apa pun, coba diikuti, ya.

 

8. Sering ajak anak-anak kita untuk bermain bersama mereka

Satu hal yang akan membuat orangtua senang adalah melihat tumbuh kembang cucunya. Disadari atau tidak, mereka akan bahagia karena kita sudah memberikannya cucu untuknya. Beri kesempatan lebih banyak untuk anak-anak bisa dekat dengan kakek dan neneknya.

 

9. Mendo’akan mereka

Doakanlah dengan doa terbaik untuk kedua orangtua kita karena merekapun sesungguhnya juga mendoakan kebaikan untuk kita. Karena dengan mendoakan mereka akan mendatangkan keberkahan dan pahala bagi kita.

 

10. Berwakaf atas nama mereka

Cara berbakti kepada orangtua setelah mereka tiada adalah dengan berwakaf atas nama mereka.

“Wahai Rasulullah, ibuku meninggal dan ketika itu aku tidak hadir. Apakah dia mendapat aliran pahala jika aku bersedekah harta (wakaf) atas nama beliau?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya.” (HR. Bukhari)

 

Wakaf atas nama orang tua  dengan mudah bisa disalurkan melalui Amazing Wakaf Indonesia. Yakni dengan cara transfer ke rekening :

1. BSI 7 888 888 955 an. Yayasan Ukhuwah QQ Amazing Wakaf

2. Bank Mega Syariah 100 0505 005 an. Y U Amazing Wakaf

Setelah transfer bisa konfimasi donasi via no hotline 0812 8003 1112

 

Cara membahagiakan orangtua itu mudah, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukannya. Yuk kita bahagiakan orangtua kita!  

 

 

Cobalah sesekali di sela-sela rutinitas kita pulang untuk mengunjunginya. Orangtua akan senang melihat kita dan mendengar cerita kita. 

 

 





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Jalan Panjang Gontor Dibesarkan Melalui Wakaf

Wakaf Indonesia

Awal Pembangunan Masjid Ukhuwah Cikarang

Realisasi Wakaf Pembangunan Masjid
Donasi