Cara Millenial Produktifkan Ramadhan

Cara Millenial Produktifkan Ramadhan


Bulan Ramadhan menjadi saat yang selalu dinanti-nanti bagi setiap orang karena berbagai keutamaan dan keistimewaannya. Bulan ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang beriman dan melaksanakan amal saleh. Bulan Ramadhan adalah milik semua kalangan. Tidak hanya orangtua yang rajin beribadah di bulan suci ini, anak muda pun harus mengambil peran dalam meningkatkan kualitas hidupnya dengan ibadahnya. 


Mungkin suatu hal yang wajar ketika orang tua beribadah dengan sangat baik penuh kekhusyukan ketika memasuki bulan Ramadhan karena melihat usia yang mungkin sudah tidak lama lagi, rambut yang sudah berubah warna menjadi putih, dan tenaga yang sudah mulai menghilang.


Akan tetapi bukan suatu hal yang wajar ketika anak muda yang penuh dengan berjuta keinginan dan ambisi akan gemerlapnya dunia ia tinggalkan dan lebih memilih untuk melakukan ketaatan di bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat dan ini adalah suatu keistimewaan yang tidak semua orang bisa mendapatkan kecuali hanya orang-orang pilihan, dan kita Alhamdulillah Allah pilih untuk mengambil keistimewaan itu. 


Sahabat Millennial, Ramadhan diambil dari kata Romdhon yang dalam bahasa Arab artinya menyengat atau membakar. Dengan ini umat Islam yang beriman diperintahkan untuk melaksanakan puasa Ramadhan di tengah hari yang sangat menyengat selain perintah Allah untuk beribadah dan menambah ketaatan ternyata Allah juga ingin membakar segala dosa, membakar segala kecintaan terhadap dunia, membakar segala akhlak yang buruk dan membakar segala hawa nafsu sehingga di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini kita dijadikan Allah sebagai hamba-Nya yang bersih dari segala noda dan dosa.




Berikut  5 keutamaan bulan Ramadhan :

  1. Penuh Keberkahan

Di bulan Ramadhan akan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

  1. Diampuni Dosa

Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ini. "Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim).

Selain itu, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sholat lima waktu dan Jum'at ke Jum'at berikutnya, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim).

  1. Pahala Dilipatgandakan

Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan. "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Muslim).

  1. Mendapat  Dua Kebahagiaan

"Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.".  (HR. Muslim).



  1. Dibukanya Pintu Surga

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika telah dating bulan Ramadhan maka pintu-pintu surge akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR. Bukhari dan Muslim).


Millenial masa kini dibandingkan dengan generasi sebelumnya memiliki kesempatan emas yang sangat besar dalam meraih lima keutamaan bulan Ramadhan tersebut. Fisik yang kuat, pikiran yang cemerlang, ambisi yang kuat, serta teknologi yang modern menjadi bekal Millenial mampu mengambil peran kebaikan di bulan Ramadhan ini. 




Hal-hal yang dapat dilakukan Millenial di bulan Ramadhan antara lain :

  • Memperbanyak amalan sunnah seperti mendirikan sholat tahajud, melaksanakan sholat dhuha,

  • Bersedekah online di Amazing Wakaf dengan klik tombol “Wakaf Sekarang”

  • Memperbanyak dzikir, 

  • Menghindari maksiat. 

  • Jika anak muda sekarang gemar bermain media sosial, maka gunakan media social itu untuk berdakwah, seperti menyebarkan konten islami atau ceramah ustadz.

Sahabat Millenial mari kita ingat hadist Rasulullah, Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,[2] Waktu sehatmu sebelum dating waktu sakitmu,[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim).


Penulis : Muhammad Abdul Aziz





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Donasi