Benarkah, Wakaf Bisa Mengentaskan Kemiskinan?

Benarkah, Wakaf Bisa Mengentaskan Kemiskinan?



Amazing People... Kembali lagi nih diartikel pengetahuan tentang “Wakaf” Kamu sudah tau kan tentang apa itu wakaf, manfaatnya wakaf dan siapa aja yang berhak menerima harta wakaf termasuk siapa saja yang berhak untuk mengelola harta wakaf masyarakat.

Kali ini, ada yang bertanya sama Mimin “Wakaf bisa gak sih untuk mengentaskan kemiskinan?” jawabannya adalah... Baca sampai habis yaaa...

Sebelumnya kita bahas dulu nih, miskin itu apa sih?

Miskin didefinisikan para ulama sebagai golongan masyarakat yang kekurangan dalam rangka menyambung kehidupannya. Mereka masih bekerja dan mendapatkan pendapatan, tetapi pendapatan mereka tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarganya.

Memerangi kemiskinan merupakan salah satu jalan sedekah bagi Muslim lainnya. Seperti yang disebutkan dalam hadits :

“Wahai ‘Aisyah, cintailah orang miskin dan dekatlah dengan mereka karena Allah akan dekat denganMu pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi).

Wakaf dapat menjadi instrumen pelengkap pembiayaan pembangunan, termasuk dalam upaya pengentasan kemiskinan. Intinya wakaf akan dapat mengatasi berbagai masalah penyebab utama kemiskinan-kemiskinan. Misalnya :

  1. Biaya pendidikan gratis, karena ada beasiswa yang berasal dari wakaf. Wakaf juga berperan dalam membiayai operasional pendidikan seperti gaji guru yang berasal dari investasi aset wakaf dan menghasilkan laba, sehingga dapat memberikan manfaat dibidang pendidikan.

  2. Pengobatan gratis untuk rakyat miskin, menjadi lebih terjangkau karena adanya rumah sakit wakaf. Peran wakaf dibidang kesehatan ialah penyediaan lahan bagi pembangunan layanan kesehatan dan berperan dalam pemenuhan biaya operasional.

  3. Wakaf kebun produktif, yang membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Keuntungan dari hasil kebun tersebut bisa diberikan dengan skema bagi hasil antara nazhir dan pekerja.

  4. Wakaf UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dengan memerikan modal usaha kepada para pengusaha kecil yang baru memulai usaha bisnis.

Nah, jawaban dari pertanyaan “apakah wakaf itu bisa mengentaskan kemiskinan” adalah “Iya, sangat bisa” asal dikelola oleh nazhir yang profesional, amanah , dan mendapatkan izin legalitas untuk mengelola harta wakaf. Jadi, jangan pernah berwakaf ke sembarangan lembaga yaa Amazing People...

Artikel ini cukup membantu untuk menjawab pertanyaanmu mengenai wakaf? Yuk dishare ke teman-teman kamu dan jangan lupa jadikan wakaf sebagai gaya hidup supaya hidupmu lebih berkah dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Klik tombol “Donasi” yaaa....

See you next time, Amazing People...





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Perpustakaan Masjid Nabawi

Berita Wakaf

Komitmen Cetak Generasi Qurani, Amazing Wakaf Indonesia Bangun Pesantren Tahfizh

Realisasi Wakaf Pesantren Tahfizh Qur'an ABAS

Kapan Terjadinya Lailatul Qadar

Inspiratif

TASYAKURAN MILAD KE 1 AMAZING WAKAF INDONESIA

Berita Terkini
Donasi