Mengisi Aktivitas Bulan Ramadhan Di Tengah Wabah

Mengisi Aktivitas Bulan Ramadhan Di Tengah Wabah


Sobat muda…… harus tetap fokus dalam menjalani hidup….
Menjalani hidup dengan penuh ketaatan kepada Tuhan pencipta kita Alloh Subhanahu wata"ala.

Apalagi hari-hari ini kita masih diuji di bulan suci Ramadhan sama Alloh Subhanahu wata"ala dengan datangnya wabah virus Covid19 atau virus corona ini tentunya kita harus menjadi lebih taat dengan menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Jadi sobat muda semua ga usah pundung atau baperan ya karena ga bisa jalan bukber sama teman-teman sekolah, teman kampus atau teman kerja.

Nah ada tipsnya nich sob.. supaya ga bete dalam menghadapi masa pandemi berdiam diri dirumah di Bulan Ramadhan ini.

 

1. Mengaji

Istimewa banget sob… ketika kita mengaji di bulan Ramadhan karena pahalanya berlipat ganda sampai 700 kali lipat yang biasanya hanya dapet 10 kebaikan. Wow kereeennnn banget sich.. ,dengan mengaji di bulan Ramadhan juga bisa dijauhkan dari lalai, dihitung sebagai pahala dzikir dan masih banyak lagi keistimewaan ketika mengaji di bulan Ramadhan.

 

2. Silaturahim dengan saudara & sahabat di video call

“Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan puasa?” Sahabat menjawab, “Tentu saja!” Rasulullah pun kemudian menjelaskan, “Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan ukhuwah di antara mereka, (semua itu) adalah amal saleh yang besar pahalanya. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan.” (HR. Bukhari-Muslim). Nah karena untuk saat ini kita belum bisa silaturahim dengan bertatap muka minimal kita bisa video call ya sob bersama kerabat atau sama dengan teman kongkow kita.

 

3. Mengikuti kajian online

Di zaman yang serba modern ini, sobat muda ga perlu keluar rumah untuk melakukan kajian. Karena ga boleh juga sama pemerintah dalam berkerumun. Kamu bisa mengikuti kajian online sob.. Saat ini sudah banyak kajian-kajian via online. Kamu bisa mendengarkan ceramah dari ustadz melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram hingga YouTube. Kamu juga bisa memilih tema kajian apa yang kamu inginkan. Enak bangett ga sich..,jadi kita ga usah khawatir ya sob.. kalau kita ga bisa mendengarkan para ustad di masjid atau di majelis ta"lim, tetap bisa pantau ceramah kajian mereka di media sosial.

 

4. Berolahraga

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan saat bulan puasa ditengah masa pandemi covid-19 adalah berolahraga. Olaharaga bisa dilakukan dimana saja sob, termasuk di rumah.Tak perlu olahraga berat, kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan agar tubuhmu tetap sehat. Aktivitas dengan berolahraga pada saat puasa justru dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon anti insulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi, sehingga kadar gula darah tidak menurun dan pada akhirnya tubuh tetap bugar sepanjang hari.

 

Demikian sobat semoga dengan adanya Covid19 ini menjadi Ramadhan yang paling spesial buat kita. Spesial dengan ibadah ibadah kita dirumah. Dan semoga kita diakhirkan di Ramadhan dengan berpredikat (la"allakum tattaqn) menjadi orang yang bertakwa.

Wallohualam..



 Penulis :

Ust. Oebai Ridwan

(Vokalis Team Nasyid Zero)





Ayo share artikel ini melalui sosial media kamu dengan klik salah satu tombol di sebelah kanan layar. Terimakasih & Semangat Berwakaf Amazing People!

Komentar

Silakan Masukan Komentar ...

Artikel Terkait


Keajaiban Wakaf

Pelatihan

Di Tengah Pandemi, Kita Akan Tetap Bantu Palestina

Realisasi Wakaf Sumber Air Untuk Palestina
Donasi